Laba WOM Finance semester I melompat hampir 50%

28 Juli 2017


JAKARTA. Pasar pembiayaan sepeda motor memang masih lesu. Tapi PT Wahana Ottomitra Multiartha alias WOM Finance masih mampu memupuk keuntungan.

Djaja Suryanto Sutandar Presiden Direktur WOM Finance bilang selama enam bulan pertama tahun 2017 ini, perusahaannya mencatatkan laba bersih sebesar Rp 57 miliar. Angka ini melompat 49% bila dibandingkan dengan laba bersih pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 38 miliar.


Menurutnya, secara umum peningkatan ini terjadi seiring dengan meningkatnya pembiayaan multiguna (MotorKu dan MobilKu). Produk multiguna ini memang seolah jadi obat kuat WOM Finance di tengah lesunya angka penjualan sepeda motor.

Hingga semester I ini, sekitar 29% penyaluran pembiayaan baru yang dilakukan WOM Finance selama enam bulan pertama berasal dari pembiayaan multiguna atau setara Rp 1,2 triliun. Sementara total booking sendiri mencapai Rp 2,8 triliun.

Selain itu peningkatan keuntungan juga dikontribusi oleh perbaikan kualitas portfolio kredit. Dimana rasio kredit bermasalah WOM Finance menurun jadi 2,8%. "Membaik 70 basis poin dari periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar 3.5%,” kata dia, Jumat (28/7).

Hal lain yang juga turut dilakukan adalah efisiensi biaya dan inisiatif-inisiatif baru yang dilakukan oleh perseroan. Baik perbaikan strategi collection, diversifikasi sumber pendanaan dan penggunaan aplikasi mobile.

 

Sumbert :www.kontan.co.id


Privacy & Policy | Disclaimer - Designed by Metronet Solutions
2012 - Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia